Tuesday 24 January 2012

Vitamin A


Kebiasaan makan kita sehari-hari adalah gambaran tentang kebiasaan kita merawat tubuh melaui asupan gizi yang baik. Banyak kandungan gizi yang ada dalam makanan yang sehat, salah satunya adalah vitamin. Vitamin adalah sekelompok zat yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan, karenanya vitamin sangat penting untuk tubuh kita. Vitamin tidak dapat diproduksi dalam tubuh sehingga kita membutuhkan asupan vitamin melalui pola makan kita.

Ada dua jenis vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A (Retinol) adalah vitamin larut lemak dan tidak diekskresikan melalui air seni sehingga asupan yang berlebihan dapat berefek negatif pada kesehatan. Vitamin A hadir dalam makanan hewani seperti hati, susu, dan kuning telur serta dari pigmen Beta-karoten yang hadir dalam sayuran tertentu seperti wortel, kubis, dan selada.

           Vitamin A memiliki sejumlah peran dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk pembelahan sel normal dan pertumbuhan. Hal ini penting untuk pemeliharaan selaput lendir pencernaan, dan saluran kemih repiratory. Retinol adalah padatan kuning pucat yang mudah larut dalam minyak dan lemak dan itu penting bagi penglihatan mata yang baik, terutama dalam cahaya redup serta memiliki peran penting dalam perkembangan normal embrio.

           Sumber terbaik dari retinol adalah hati yang mampu memenuhi 3 g kebutuhan harian tubuh. 0,7 mg per hari adalah jumlah yang cukup per orang dewasa yang juga dapat berasal dari makanan yang mengandung beta karoten. Defisiensi (kekurangan) vitamin A menyebabkan pertumbuhan terhambat, kebutaan malam dan mengeringkan selaput lendir yang meningkatkan risiko infeksi. (sumber : readbud)

0 comments:

Post a Comment